Tips Membuat Buku Tahunan Menjadi Lebih Berkesan

Masa-masa menjadi seorang pelajar atau mahasiswa/i memang tidak bisa terlupakan dan berulang. Banyak instansi sekolah dan universitas yang setiap tahunnya membuat buku tahunan atau year book sebagai kenang-kenangan untuk tingkat akhir. Lewat buku ini bisa mengabadikan momen dan kenangan dengan teman-teman, guru, dosen dan lainnya semasa sekolah atau kuliah. Untuk kelas tingkat akhir dan mahasiswi atau mahasiswa akhir, membuat buku tahunan memang selalu dinantikan.

Namun untuk membuat buku tahunan atau yearbook ini bukan hal mudah dilakukan. Ada banyak hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Diantaranya sebagai berikut ini.

Menentukan Tema atau Konsep

Tema atau konsep merupakan hal penting yang paling sering dilupakan. Perlu diketahui dengan baik bahwa konsep yang jelas akan membuat buku tahunan menjadi lebih menarik dan berkesan. Hal ini dikarenakan alur dan skema jelas, mulai dari cover sampai halaman terakhir. Untuk membuat konsep ini pun tidak bisa dari satu sisi, tetapi dari dua sisi. Oleh sebab itulah, Anda harus membicarakan dengan panitia dan perwakilan kelas terlebih dahulu. Juga harus membicarakan dengan vendor yang akan diajak kerja sama untuk membuat buku tahunan ini.

Dalam pemilihan konsep atau tema pun usahakan unik dan berbeda, namun tidak menyulitkan ketika direalisasikan. Sebab untuk merealisasikannya pastinya membutuhkan dress code serta peralatan lainnya. Setelah konsep atau tema buku tahunan ini sudah ditentukan. Maka bisa memberikan konsep ini ke masing-masing kelas.

Tentukan Konten Isi Buku Tahunan

Apabila konsep atau tema sudah ditentukan, maka selanjutnya bisa menentukan isi buku tahunan mau seperti apa. Secara umum, buku tahunan dibagi menjadi beberapa bab. Mulai dari data sekolah, biodata guru & staff sekolah, foto siswa per kelas, dan foto momen keseruan ketika bersekolah atau kuliah. Untuk data-data sekolah atau universitas bisa meminta pada pihak administrasi. Sedangkan untuk foto per kelas nantinya akan dikoordinir oleh ketua kelas masing-masing. Untuk momen-momen seruh menjadi tugas panitia untuk mengumpulkan foto-foto tersebut. Mulai dari Ospek dan acara lainnya yang pernah diadakan.

Tentukan Spesifikasi

Kemudian juga harus mulai menyusun draft halaman, mulai dari cover sampai halaman terakhir. Juga harus mempertimbangkan berapa banyak halaman, sketsa lay out dan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam year book. Perlu diketahui bahwa terkadang, jumlah halaman buku tahunan bisa membuat anggaran pembuatan menjadi lebih mahal. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk dipertimbangkan berapa banyak jumlah halaman yang akan dimuat. Mengenai layout dan lainnya pastikan dengan baik serta tidak membuat kesulitan vendor dalam membuat buku tahunan ini.

Menentukan Jadwal

Untuk kelas tiga atau semester akhir, pastinya akan sibuk dengan berbagai kegiatan les dan lainnya. Ditambah dengan urusan membuat buku tahunan ini tentunya akan membutuhkan proses panjang. Seperti pemotretan, mengumpulkan data, sampai percetakan. Dengan membuat jadwal ini, maka diharapkan bisa mengatur serta mengontrol proses pembuatan buku tahunan supaya tidak bentrok dengan kegiatan selama menempuh pendidikan

Pertimbangkan Ukuran Buku Tahunan

Dari segi ukuran buku tahunan juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Untuk buku tahunan ini tersedia dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran A4, A5, B4, dan B5. Ukuran standar yang digunakan untuk membuat buku tahunan adalah ukuran A4. Ukuran A4 ini bisa dicetak di semua percetakan. Sayangnya, ukuran ini relatif besar sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana. Selain itu ukuran yang dipilih ini bisa memengaruhi biaya cetak buku tahunan nantinya. Semakin besar ukuran buku tahunan yang dicetak, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

Menentukan Jenis Kertas yang Dipakai Cetak Buku Tahunan

Selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik pemilihan jenis kertas yang akan digunakan untuk membuat buku tahunan. Untuk membuat buku tahunan sendiri bisa memanfaatkan berbagai macam jenis bahan kertas. Mulai dari kertas HVS, Art Paper, Art Carton, dan masih banyak lainnya. Salah satu jenis bahan kertas yang paling banyak digunakan adalah kertas art paper. Jenis kertas ini memiliki ketebalan antara 100 – 180 gsm.

Mempersiapkan Anggaran

Selain itu Anda juga harus bisa memastikan anggaran yang digunakan untuk mencetak buku tahunan ini. Sebab buku tahunan ini nantinya pasti akan diberikan kepada anak didik. Jadi jumlah buku tahunan harus sama dengan jumlah siswa atau mahasiswa/i. Anggaran yang digunakan untuk membuat buku tahunan ini biasanya adalah patungan murid kelas akhir. Jadi bukan hanya pihak sekolah atau universitas yang mengeluarkan anggaran untuk membuat buku tahunan.

Pemilihan Tempat Percetakan Buku Tahunan

Pastikan untuk tepat dalam memilih tempat pembuatan buku tahunan. Saat ini sudah banyak tempat percetakan buku tahunan yang bisa memberikan penawaran harga murah dan harga mahal. Nah akan lebih baik jika bisa memilih tempat percetakan buku tahunan yang tepat dan berpengalaman. Untuk memilih tempat percetakan buku tahunan ini ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan, diantaranya sebagai berikut.

  • Membuat daftar tempat percetakan terlebih dahulu. Untuk membuat daftar ini bisa mencari tempat percetakan lewat internet atau media social. Selain itu Anda juga bisa meminta rekomendasi kepada yang sudah pernah melakukan pemesanan cetak buku tahunan sebelumnya. Dengan begitu Anda nanti bisa membuat pertimbangan secara lebih matang tentunya.
  • Pertimbangkan juga bagaimana pelayanan dan layanan yang diberikan oleh pihak percetakan buku tahunan. Tiap-tiap tempat pembuatan buku tahunan tentu memberikan pelayanan dan layanan berbeda-beda. Untuk tempat percetakan buku tahunan yang memberikan pelayanan memuaskan. Hal ini akan membuat Anda nantinya menjadi lebih nyaman selama melakukan kerja sama.
  • Pun Anda juga harus tahu bagaimana reputasi yang dimiliki oleh percetakan buku tahunan tersebut. Semakin lama berdiri, maka percetakan tersebut sudah semakin berpengalaman. Selain itu juga memiliki jam terbang dan jumlah konsumen banyak. Jumlah konsumen yang banyak ini membuktikan bahwa banyak konsumen percaya dengan percetakan buku tahunan tersebut.
  • Ketahui juga hasil buku tahunan yang sudah dihasilkan oleh percetakan tersebut. Jasa percetakan buku tahunan yang berpengalaman pastinya memberikan hasil memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari segi desain buku tahunan, laminasi, dan masih banyak lainnya. Semakin baik hasil yang ditawarkan dan bisa dilihat, maka percetakan tersebut sudah berpengalaman lama.
  • Bisa memberikan penawaran biaya cetak terjangkau, yang mana tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Dimana biaya ini bisa bersaing dengan jasa percetakan buku tahunan lainnya. Dengan biaya yang terjangkau ini, maka setiap konsumen yang akan melakukan pemesanan cetak tidak harus mengeluarkan biaya dalam jumlah banyak.
  • Selain itu, jasa percetakan buku tahunan juga memberikan garansi. Dengan adanya garansi ini maka konsumen dan calon konsumen akan merasa aman. Garansi yang diberikan oleh jasa percetakan sendiri pun sebagai bentuk tanggung jawab kepada hasil produksi. Jadi misalnya ada cacat atau ketidaksesuaian dengan yang diinginkan, maka pihak percetakan bisa bertanggung jawab nantinya.

Leave a Comment